Salam (Aisatsu) dan Perkenalan (Jikoshoukai)

Halo gaessssss
yuheeeeee ini adalah post mengenai awal pembelajaran bahasa Jepang *ayeeee

Apa aja yang harus dipelajarin pertamaaa kali?
yaps perkenalan !

how to introduce your self in Japanese
(Pengen perkenalan nama nih kayak Syuuugaa) 

Oke sebelum memperkenalkan nama, kalian harus mengucapkan salam dulu yukk alias aisatsu!!! yeyy

Orang Jepang kalau bertemu selalu bertegur dengan "selamat pagi" "selamat siang" "selamat malam"

Salam dalam Bahasa Jepang atau Aisatsu (あいさつ) 

おはようございます (ohayou gozaimasu)
artinya Selamat Pagi

こんにちは (konnichiwa)
artinya Selamat siang/ Halo

こんばんは (konbanwa)
artinya Selamat malam

Salam Perpisahan



                

Jangan lupa!
おやすみなさい (Oyasumi nasai) atau おやすみ (oyasumi : untuk teman)
artinya selamat tidur/ selamat malam (diucapkan ketika masu berpisah, mau selesaikan chat , ya intinya menyudahi pembicaraan dimalam hari)


Meminta maaf


Berterima kasih



Menjawab "terima kasih"


Udah bisa aisatsu nihh~~ lanjut ke
"Perkenalan nama"

Jikoshoukai atau Memperkenalkan diri

Kamu bisa ganti アウリア atau Aulia dengan nama kamu ya
1. Bentuk mengenalkan nama paling umum


 わたし  アウリア です
watashi wa Auria desu
Saya Aulia

わたし の なまえ は アウリア です
watashi no namae wa Auria desu
Nama saya Aulia



2. Setelah mengenalkan nama, bisa meminta lawan bicara memanggil kamu dengan nama apa


(bentuk paling umum)

アウリア と いいます
Auria to ⅱmasu
Panggil saya Aulia




 (bentuk paling sopan, dapat digunakan untuk acara resmi)

わたし は アウリア と 申します
Watashi wa Auria to moushimasu
Panggil saya Aulia




Memperkenalkan asal dan tempat tinggal

a.      Tempat asal

Contoh 1 :
A :       しゅっしん は どちらですか
(shusshin wa dochira desuka?)
Asalmu dari mana?

B :       わたし は とうきょう しゅっしんです
(watashi wa toukyou shusshin desu)
Saya berasal dari Tokyo

atau
mina san, saya berasal dari Tokyo
みなさん、わたしは とうきょう しゅっしん です
(mina san, watashi wa Toukyou shusshin desu)

Contoh 2
A :       どこから きましたか
(dokokara kimashitaka)
Kamu berasal dari mana?

B :       わたし は ニューヨーク から きました
(watashi wa nyu-yo-ku kara kimashita)
Saya berasal dari New York

atau
Mina san, saya berasal dari New York
みなさん、わたしは ニューヨーク からきました
(mina san, watashi wa nyu-yo-ku kara kimashita)



b.      Tempat tinggal

A :       どこに すんでいますか
(doko ni sundeimasuka?)
Kamu tinggal dimana?

B :       わたし は ジャカルタ に すんでいます
(watashi wa jakaruta ni sundeimasu)
saya tinggal di Jakarta

atau

Mina san, saya tinggal di Jakarta
みなさん、 わたし は ジャカルタに すんでいます
(mina san , watashi wa jakaruta ni sundeimasu)


c.      Kebangsaan
Rumus :
Subjek は Nama negara (dalam bahasa Jepang) + じん です

Contoh :
わたし は アメリカじん です
(watashi wa amerika jin desu)
Saya orang Amerika




Penutup
宜しくお願いします (formal)
Yoroshiku Onegaishimasu
(Senang berkenalan dengan anda)

宜しく (informal)
Yoroshiku




Sekarang, kita coba memperkanal diri kita 

secara lengkap yuk!

Halo/ Selamat Siang
こんにちは
(Konnichiwa)

Pertama tama
はじめまして
(Hajimemashite)

Saya Aulia
わたし は アウリア です
(watashi wa auria desu)


Panggil saya Aulia
アウリア と いいます
(Auria to Iimasu)

Berasal dari Jakarta
ジャカルタ しゅっしんです
(jakaruta Shusshindesu)

Saya orang Indonesia
インドネシアじん です
(Indonesia jin desu)

Senang berkenalan dengan Anda
よろしくおねがいします
(yoroshiku onegaishimasu)

Kalau kalian bukan diacara formal, cukup perkenalkan nama aja gak masalah kok ^^
Selamat mencoba yummss

Untuk memperkenalkan pekerjaan kalian bisa klik link ini


Contoh mas mas BTS memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang yuk!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hiragana dan Katakana

Kamus Jepang