Perkenalan (Pekerjaan)


Pengen nih ngenalin keorang orang pekerjaan kita :(
tapi dalam bahasa Jepang eh eh tapi aku ga tau cara nya !!!! Apahhhh OMG
yuk kita belajar kalau gitu

 
Bang Taehyung sebagai Photographer atau 写真か (shashinka)

Om Jin sebagai Chef atau シェフ (shefu)


atau Abang Suga sebagai Penyanyi atau かしゅ (kashu)


Memperkenalkan pekerjaan dapat menggunakan rumus :

Subjek + は + Nama Pekerjaan + です


Misalnya :
Saya adalah Dokter
わたし は いしゃ です
(Watashi wa isha desu)


Suga san seorang Penyanyi
すが さん は かしゅ です

(Suga san wa kashu desu)


Saya adalah seorang pegawai toko
たし は てんいんです
(watashi wa ten-in desu)



Tata san seorang Pelajar
タタ さん は がくせいです

(tata san wa gakuseidesu)

Bapak saya seorang pegawai negeri
ちち は こうむいん です

(chichi wa koumuin desu)

Bentuk negatif
Subjek は Pekerjaan + ではりません (Formal)
Subjek は Pekerjaan + じゃありません (Semi formal tapi umum)

Saya bukan mahasiswa
わたし は がくせい ではありません (Formal)
Watashi wa gakusei dewa arimasen

atau
わたし は がくせい じゃない (Informal)
Watashi wa gakusei jyanai



Bertanya


Pekerjaan kamu apa?
おしごとは
Oshigotowa

Pekerjaan Pak Mira apa?
ミラさん の おしごとは なんですか

Mira san no oshigoto wa nandesuka

Contoh percakapan sederhana
A : 
Pak Mira, sudah lama tidak bertemu
ミラさん さん、お久しぶりです
(mira san , ohishashiburidesu)

B :
Sudah lama yaa
お久しぶりですね
(Ohisashiburi desune)

A :
Sekarang , Pak Mira pekerjaannya apa?
いま、ミラ さん の おしごとは なんですか
(Ima , mira san no oshigoto wa nandesuka?)

B :
Saya seorang Karyawan
わたし は かいしゃいんです
Watashi wa kaishaindesu

A :
Perusahaan apa?
かいしゃ は どちらですか
Kaisha wa dochiradesuka

B :
Perusahaan ABC
ABC かいしゃです
ABC kaishadesu


A :
E, saya juga karyawan Perusahaan ABC
わたし も ABC の かいしゃいんです
(watashi mo ABC no kaishaindesu)

*Bentuk percakapan untuk menanyakan pekerjaan agak privat yaaa mina san, sebaiknya gunakan hanya kepada teman terdekat, atau misalnya memang diharuskan karena urusan pekerjaan dll. jika baru kenal atau tidak begitu akrab sebaiknya jangan menanyakan pekerjaan yaaa karena agak sensitif ^^

Selamat belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hiragana dan Katakana

Salam (Aisatsu) dan Perkenalan (Jikoshoukai)

Kamus Jepang