Penggunaan ために (tameni) : "Untuk" dan "Karena"

Hello mina saaaaaannnn~ genkiii desukaaaa??

Demi mina san aku rela bobo malem untuk bikin postingan ini awawawawa luv me <3
皆さんのために、真夜中までこの投稿を作成します!頑張って❣

BTWWWWW pernah denger bentuk "Tame" ?

ために (tameni) atau boleh juga disingkat jadi ため (tame) saja
punya 2 artinya : 
1. "Untuk" "Agar" "Demi"
2. "Karena" "Disebabkan oleh" 


WAAAAAW ada dua yah kayak mi burung d*r* //skip iklan ga penting
baikkkk mari kita bedah satu per satu yuk!

Pertama, Nih pola kalimat nya seperti ini :

Kata kerja futsukei (kata kerja dasar)
Kata sifat i
Kata sifat na
Kata benda + の
+
ために (tameni)
Bisa juga ditulis dalam bentuk kanji 為

1. "Demi/untuk" ini beda sama "untuk" kayak memberi benda gitu yahh, ini lebih kepada hal yang dilakukan "demi" hal lainnya.

Aku bohong demi bisa nge-date sama jungkook
ジョングクさんとデートできるため、噓ついた
(jonguku san to deeto dekiru tame, uso tsuita)
PUKULIIIN BOCAH HALUUUU


Contoh kalimat :

Contoh (1)
Untuk mendapat hasil ujian yang baik, aku belajar setiap hari
テストの結果 には いい点をもらう ために、毎日勉強しています
(tesuto no kekka niwa ii ten o morau tameni,  mai nichi benkyoushiteimasu)

Contoh (2)

Demi badan menjadi sehat, aku minum obat
体 が 元気に なる ために、くすり を 飲み
ます
(karada ga genki ni naru tameni, kusuri o nomimashita)

Contoh (3)
untuk kamu, aku melakukan berbagai macam hal
あなた の ため に、いろいろな ことをします
(Anata no tameni , iroirona koto o shimashita)

contoh (4)
Aku berdoa untuk kedamaian dunia
世界の平和のため, 祈ります
(Sekai no heiwa no tame, inorimasu)

Contoh (5)
Aku mengambil cuti untuk liburan
旅行のために、有給休暇をとります
(ryokou no tameni, yuukyuukyuuka o torimasu)


2. ために (tame ni) yang artinya "Karena"
oiya  bentuk ini sering dipakai dalam peraturan, artikel dll yang bersifat tulis, tapi tidak menutup kemungkinan dipakai di media lain kok!


Pas pertama liat Taehyung, uuu cintaku langsung tumpah tumpah karena dia ganteng sekaliiihhh :(
テヒョンさんがハンサムすぎる為, 初めて見た後、すきが溢れる
(tehyon san ga hansamu sugiru tame, hajimete mita ato, suki ga afureru) //LEBHAAAAAY

contoh (1)
Karena mesin rusak, hari ini ga jualan
機械の故障のため、本日販売していません
(kikai no koushou no tame, honjitsu hanbai shite imasen)

contoh (2)
Karena telah terjadi eror, ga ada apapun dilayar ini
エラーが起きたため、この画面には何もない
(eraa ga okitatame, kono gamen ni wa nanimo nai)

contoh (3)
Karena banjir, even hari ini jadi di cancel
水害のため、今日のイベントは中止になりました
(suigai no tame, kyo no ibento wa chuushi ni narimashita)

Contoh (4)
Karena kartu karyawanku hilang, aku harus bikin yang baru
会員カードをなくしてしまったため、新しく作らなければいけません
(shain kaado o nakushiteshimatta tame, atarashi tsukuranakerebaikemasen)

Gampang kann!!!

Jangan lupa kripik dan saran juga check akun IG aku yuukk @auliasenpai





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hiragana dan Katakana

Salam (Aisatsu) dan Perkenalan (Jikoshoukai)

Kamus Jepang